Tugas 1 (3 Wadah)



Ini adalah riddle kedua dari guru produktif saya. Begini Pertanyaannya, ada 3 buah wadah yang diketahui bervolume 8 liter, 5 liter, dan 3 liter. Pada keadaan awal hanya wadah 8 L yang penuh berisi air.
Pertanyaannya : Bagaimana caranya memindahkan air dari wadah 8 L sehingga wadah 5 L berisi air sebanyak 4 L dengan saling menuang air pada wadah-wadah tersebut?
Untuk penyelesaiannya, mungkin jawaban saya yang paling aneh. Tapi mau aneh atau tidak, ini hasil logika saya sendiri.
Jadi saya menggunakan 3 langkah, kebanyakan orang menggunakan 6 maupun 8 cara yang merupakan jawaban yang cukup rasional dibandingkan dengan jawaban saya. But who cares about rational?
  1. Masukkan wadah bervolume 3 liter ke dalam wadah yang bervolume 5 liter. Tuang air yang ada pada wadah bervolume 8 liter ke dalam wadah yang bervolume 5 liter. Angkat wadah yang bervolume 3 liter. Maka wadah bervolume 3 liter berisi 3 liter air, wadah yang bervolume 5 liter berisi 2 liter air, dan wadah yang bervolume 8 liter berisi 3 liter air. (3-2-3).
  2.  Tuang wadah yang bervolume 3 liter ke dalam wadah yang bervolume 8 liter air  sehingga wadah 8 liter memiliki 6 liter air. (6-2-0).
  3. Masukkan kembali wadah bervolume 3 liter ke dalam wadah yang bevolume 5 liter. Tuang lagi air pada wadah volume 8 liter ke dalam wadah yang bervolume 5 liter. Angkat wadah 3 liter, maka wadah 3 liter akan berisi 3 liter air, wadah 8 liter berisi 1 liter air, wadah 5 liter berisi 4 liter air. (1-4-3)
Bingung dengan metode pemecahan riddle ini? berikut penjelasannya :

Pada langkah pertama, ketika wadah 3 liter berada didalam wadah 5 liter, maka air yang dituangkan akan memenuhi wadah 3 liter (penuh dengan 3 liter air), terus 5 liternya kemana?, Karena wadah gabungan dari 5 liter dan 3 liter hanya dapat menampung maksimal 5 liter, maka 2 liter air akan tertampung di wadah 5 liter (karena wadah 3 liter telah kepenuhan dan akan mengalir ke wadah yang ditampunginya). Dan 3 liter sisanya akan tetap berada di dalam wadah 8 liter.

Pada langkah ketiga, wadah 3 liter telah kosong (karena sudah dituangkan seluruh airnya ke dalam wadah 8 liter). Wadah 8 liter berisi 6 liter air dituangkan ke dalam wadah 5 liter yang memiliki wadah 3 liter didalamnya. Ketika wadah 3 liter diangkat maka, wadah 3 liter berisi 3 liter (sebelumnya wadahnya kosong), dan 2 liter sisanya akan mengalir jatuh ke wadah 5 liter dimana wadah ini berisi 4 liter (sebelumnya 2 liter dan ditambahkan 2 liter dari air sisa wadah 3 liter). (1-4-3).

Komentar

  1. halo kak, saya rasa yg point ke tiga masih salah.
    kalo misal botol 3L dimasukkan ke dalam botol 5L yang sudah terisi air sebanyak 2L, jadi ketika diisi penuh jumlah air dari botol 8L yng masuk ke botol 5L gak bisa sebanyak sampai 5L karena sebelumnya sudah terisi 2L, otomastis kalo diangkat pun bakal kembali 2L, karena posisi pennuh dari botol 5L terdiri dari 2L + 3L, tidak bisa yang awalnya sudah terisi 2L terus ditambahin 5L lalu diangkat jadi berkurang 3L. kalo gitu botol tersebut bisa terisi samai 7L dong.hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1 Produktif (Senter dan Terowongan)

Tugas 1 (Tambahan) (Lampu dan Sakelar)